3 Penyebab Hamil Saat Masih Pakai Alat KB,  Anda Wajib Tahu

Buah hati adalah anugerah bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Tetapi ada beberapa alasan yang dialami oleh sebuah pasangan untuk menunda kehamilan. Maka metode KB (keluarga berencana) dengan alat kontrasepsi seringkali menjadi pilihan. Namun tak jarang ditemukan kegagalan dalam penerapannya. Simak ulasannya berikut ini.

Hal yang Menyebabkan Hamil Meskipun Pakai KB

  1. Penggunaan Pil KB

Pil KB akan efektif jika diminum setiap hari secara teratur. Lupa minum pil KB satu atau dua hari saja dapat menyebabkan kehamilan. Penyimpanan pil KB yang tidak diperhatikan juga dapat mengurangi efektifitasnya. Sebaiknya pil KB disimpan dalam suhu ruang agar fungsi dan khasiatnya tidak rusak.

Apabila setelah minum pil KB kemudian muntah atau diare, itu juga sangat berpengaruh terhadap kehamilan. Sebab pil yang anda konsumsi akan keluar lagi dan tidak memberikan dampak pada tubuh anda. Hal ini dapat menyebabkan anda hamil saat masih pakai alat KB.

  1. Suntik KB

Alternatif dari meminum pil KB adalah melakukan suntik KB ke dokter atau bidan. Berbeda dengan meminum pil KB yang dilakukan setiap hari, suntik KB secara umum dilakukan setiap satu atau tiga bulan sekali. Namun jika anda lupa atau terlambat untuk suntik KB dari tanggal yang telah dijadwalkan, kemungkinan kehamilan bisa terjadi.

  1. Salah Konsumsi

Konsumsi makanan dan minuman juga harus diperhatikan untuk keberhasilan program KB. Kurangi makanan cepat saji dan minuman beralkohol. Obat-obatan tertentu juga dapat menghambat kinerja pil atau suntik KB.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anda gagal KKB. Untuk itu, anda bisa memperhatikan lagi jadwal anda untuk meminum pil atau suntik KB demi memaksimalkan hasil. Jangan lupa konsumsi makanan dan minuman sehat yang menunjang rencana anda untuk menunda kehamilan.

Scroll to Top