Baju Adat Suku Toraja

 

Deskripsi

Baju Adat Suku Toraja merupakan suku yang menetap di pegunungan bagian unsur utara Sulawesi Selatan.

Artikel

Tanah Toraja terletak di Provinsi Sulawesi yang berada dibagian selatan dan menjadi salah satu kabupaten yang masih kental dengan tradisi serta budayanya. Kabupaten ini juga menjadi bagian dari destinasi wisata Indonesia dan terus dimajukan oleh pemerintah.

Baju Adat Suku Toraja

Ada beberapa baju adat suku Toraja yang dapat menambah wawasan, yakni:

  1. Sepa Tallung Buku

Baju adat suku toraja merupakan pakaian yang memiliki panjang sampai lutut. Untuk masyarakat Sepa Tallung Buku melulu dipakai oleh kaum lelaku saja. Pakaian ini dilengkapi dengan beberapa akesoris ekstra seperti kandure, gayang, dan lipa.

  1. Pakaian Adat Toraja Pokko

Baju adat Toraja yang kedua yaitu baju Pokko. Pakaian ini ekslusif dipakai oleh kaum perempuan tana Toraja. Pokko ini memiliki lengan pendek dengan sejumlah dominasi warna, laksana merah, putih, dan kuning.

  1. Pakaian Adat Toraja Kandore

Kandore juga menjadi pakaian adat Toraja yang digunakan untuk kaum wanita. Busana ini berhiaskan manik-manik untuk menghiasi dada, ikat pinggang, ikat kepala, dan gelang.

  1. Kain Tenun Toraja

Kain tenun juga termasuk unsur baju adat Toraja yang sampai saat ini masih dipakai oleh masyarakat selama dan menjadi kain yang diincar oleh semua wisatawan.

  1. Sarung Kain Tenun Toraja

Baju adat Toraja yang selanjutnya sarung yang berbahan dasar kain tenun. Sarung ini digunakan oleh semua tetua adat untuk memimpin upacara Rambu Solo maupun upacara kematian di kecamatan Rantepao.

 

Bagi anda yang belum mengetahui tentang baju adat suku Toraja, mungkin beberapa penjelasan diatas dapat membantu anda untuk menambah pengetahuan.

 

Scroll to Top