Tata Cara Membuat Id Card Dengan Microsoft Excel

Memiliki id card adalah hal wajib bagi beberapa orang. Hal tersebut karena mereka bekerja atau ikut salah satu organisasi yang di dalamnya memang memerlukan hal ini. Sebagai pengguna, untuk mendapatkan id bisa langsung datang ke tempat percetakan agar bisa dengan mudah mendapatkan apa yang mereka mau. Tapi membuat id card sendiri ternyata tidak lah sesulit yang diperkirakan banyak orang. Dengan menggunakan Microsoft Excel apapun yang ada diinginkan akan bisa didapatkan.

Begitu pula dengan proses membuat id card. Pembuatan id card menggunakan Microsoft Excel dapat dilakukan dengan langkah yang sangat mudah. Dengan fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut banyak hal yang bisa dilakukan pengguna. Cukup pelajari lebih dulu bagaimana langkah yang akan dipakai untuk proses ini. Apabila langkah yang akan digunakan sesuai maka pengguna bisa langsung mulai proses. Gunakan petunjuk dengan memakai www.neotekno.com.

Proses Membuat Id Card Dengan Microsoft Excel

Membuat id card dengan menggunakan Microsoft Excel dapat dilakukan melalui beberapa tahapan. Untuk mulai melakukan proses edit, pengguna harus menggunakan beberapa cara. Yang pertama adalah siapkan dua sheet yang berbeda. Setiap sheet ini satu digunakan untuk data dan satu lagi untuk proses edit. Keduanya harus aktif lebih dulu dan beri nama sesuai dengan nama id card yang akan digunakan.

Lalu, masuk lah kembali ke sheet yang pertama ini untuk melihat identitas. Identitas pemilik calon id card ini ada di sheet yang pertama sehingga perlu lebih dulu untuk memastikan jika data ini benar adanya. Apabila data masih belum tepat maka bettor harus lebih dulu mulai dengan memperbaiki data yang ada. Apabila data lengkap maka tinggal masukan data ini ke sheet yang sebelumnya. Blok semua data yang akan digunakan. Setiap data ini harus sama dengan apa yang dimiliki oleh cak pemilik. Oleh sebab itu lah sangat penting untuk dilakukan memperhatikan apa saja yang memungkinkan untuk adanya kesalahan.

Apabila telah menyelesaikan proses pengisian data ini, maka pengguna tinggal mulai melakukan pemasangan foto. Foto atau gambar dapat langsung digunakan dengan memakai menu insert. Dalam insert ini pilih lah berbagai gambar yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu pilih shape dan desain yang akan digunakan. Dalam shape ini ada beberapa pilihan gambar yang dapat digunakan.

Apabila telah mendapatkan desain yang sesuai dengan keinginan, pengguna hanya tinggal memproses dengan menggunakan rumus vlookup dan masukan kembali data yang ada. Ketikan pada Cell N2 dengan dengan nomer urut yang digunakan. Setelah itu simpan hasil edit yang telah dilakukan. Jika ingin mencetak id card maka gunakan printer atau alat cetak khusus yang memang khusus mencetak id card. Dengan begitu, id card yang sederhana telah selesai dibuat.

Trik Cepat Membuat Id Card Dengan Excel

Agar proses pembuatan id card bisa dilakukan dengan cepat maka pengguna harus lebih dulu punya sheet khusus. Dalam sheet ini telah ditentukan shape atau pola untuk membuat id card. Dengan menggunakan hal tersebut, maka saat akan menggunakan id card mereka tinggal memasukkan identitas dari pengguna saja. Dengan ini proses lebih cepat karena tak perlu lagi mengedit manakah pola dan shape yang mereka inginkan. Selain mempercepat waktu, penggunanya yang sangat simpel bisa dilakukan oleh siapa saja dan kemudahan ini akan didapat oleh semua orang.