Mengenal Habitat Ikan Cupang yang Jarang Diketahui

Cupang menjadi ikan hias yang belakangan ini semakin digemari oleh banyak orang. Tidak heran jika banyak orang yang hobi mengoleksi ikan cupang. Pasalnya, ikan ini memang memiliki penampilan yang menarik dibandingkan ikan hias lainnya. Meski sedang menjadi primadona, ternyata belum banyak yang tau habitat ikan cupang yang sebenarnya. Untuk itu, mari cari tahu lebih banyak tentang habitat dan sejarah ikan cupang lainnya.

Inilah Habitat Ikan Cupang yang Jarang Diketahui

Ikan cupang dikenal juga dengan nama betta fish. Biasanya, ikan hias dengan warna terang ini sering ditemui dalam wadah toples kecil atau botol kaca di toko-toko ikan. Namun, tahukan Anda sebenarnya ikan cupang tersebut berasal dari mana? Ternyata, ikan hias yang menggemaskan ini berasal dari perairan yang sangat berbeda dengan tempat tinggalnya yang sekarang.

Ikan cupang hidup dalam ekosistem dengan biodiversitas sangat tinggi di kawasan Asia. Ikan yang hadir dengan beragam warna dan corak ini ternyata ditemukan dalam perairan dangkal yang dipenuhi oleh lumut. Sangat berbeda dengan habitat kebanyakan ikan cupang yang saat ini dipelihara oleh banyak orang.

Lalu, dari belahan dunia mana ikan cupang berasal? Pada dasarnya, ikan cupang berasal dari berbagai daerah di kawasan Asia Tenggara. Diantaranya adalah Malaysia, Vietnam, Kmboja, dan Thailand. Ikan cupang lebih tepatnya ditemukan di wilayah aliran sungai Chao Phraya dan Mekong.

Biasanya, cupang ditemukan di wilayah sawah serta daerah aliran sungai. Daerah yang menjadi habitat ikan cupang biasanya cukup dangkal. Bahkan, tidak jarang ikan cupang ditemukan pada genangan air yang dipenuhi oleh vegetasi di sekitarnya. Selain itu, habitat ikan ini biasanya relatif memiliki arus pelan dimana pada musim kemarau bisa dengan mudah menguap dan kering.

Sementara itu, ikan cupang merupakan pemakan segala atau omnivora. Di alam habitatnya, ikan cupang akan memakan larva serangga, serangga, dan tumbuhan. Di wilayah Asia sendiri, ada banyak jenis serangga terbang. Hal ini secara konsisten akan memberikan variasi makanan yang sangat luas untuk ikan cupang di dalam.

Nah, itulah habitat ikan cupang yang asli di alam. Meski ikan cupang memang bisa hidup di wadah kecil seperti toples atau botol karena menyerupai tempat tinggal aslinya di alam. Namun, hal ini bisa membuat ikan cupang cenderung sulit berkembang. Jadi, pastikan untuk memberikan perawatan yang benar pada ikan cupang agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Scroll to Top